Senin, 02 Januari 2012

Penggunaan Blackberry di Indonesia

1. Latar Belakang.
Blackberry di inisiasi pada tahun 1995. Blackberry merupakan gadged buatan kanada yang di kembangkan oleh seorang imigran di kota Waterloo dari perusahaan negara berlambang ganja. Perusahaan tersebut di beri nama Research in Motion. Dahulunya Blackberry akan dinakaman Pocket Link sebuah nama fungsional namun sedikit membosankan dan juga hampir di berry nama Strawberry karena kemiripannya dengan buat tersebut. Blackberry di pilih karena terkesan lebih macho namun akrab dan sangat cerdas.

Blackberry pertama kali dikenalkan oleh perusahaan RIM pada tahun 1997. Pendiri RIM, Mike Lazaridis dilahirkan di Turki dan berkuliah di Waterloo. Dia memilih dropout setelah memenangkan kontrak senilai 560ribu US Dollar.

Blackberry hampir diplesetkan menjadi CrackBerry dikarena perangkat ini bisa membuat penggunanya menjadi kecanduan. Karena isu yang tidak jelas ini beberapa negara membuat peraturan yang digunakan untuk membatasi penggunaan Blackberry di negaranya.

Awal penggunaan blackberry hanyalah untuk pager dua arah. Itu digunakan pada tahun 1999. Blackberry masuk ke pasar indonesia yang dulunya hanya digunakan untuk korparat, Namun pemerintah memaksanya untuk membuat sebuah Data Center di Indonesia untuk menjamin komunikasi data di Indonesia karena banyaknya pengguna di negara ini.


2. Siapakah yang menggunakan Blackberry?
Semenjak diluncurkannya blackberry oleh perusahaan RIM. Blackberry menjadi handphone yang lumayan di kagumi oleh negarannya yakni amerika dan sekitarnya. Dahulunya Blackberry digunakan untuk militer USA karena dilihat dari "security" nya yang baik dan layanan komunikasi antar pengguna Blackberry yang sangat Cepat. Blackberry Messanger merupakan salah satu nilai kesempurnaan dari Blackberry untuk para penggunanya.
Blackberry masuk di indonesia sekitar tahun 2004 yang direncanakan hanya sebagai perusahaan korporat dengan layanan push e-mail sebagai keunggulan yang ditonjolkan. Namun kurangnya peminat pada waktu itu membuat Blackberry belum mendapatkan nama di indonesia.
Kurang lebih 3 tahun setelah masuknya Blackberry indonesia, Handphone pintar ini meningkatkan kualitasnya dengan mendukung hampir semua bentuk jejaring sosial di dalam gadged ini. Bertepatan juga dengan perkembangan dunia maya yang sangat hebat di indonesia seperti Facebook, Twitter, Yahoo Messangger, Foursquare dan MySpace. hal ini membuat penjualan Blackberry di indonesia meningkat hingga 500%. Lebih lagi remaja-remaja indonesia yang bisa dibilang ketika ada sesuatu baru, pasti akan segera langsung ingin mencoba dan memiliki tanpa lebih mengenal apa fungsi dan keutamanannya.
Namun hal ini dimanfaatkan oleh RIM dengan membuat Kantor Resmi di jakarta. Yang sama-sama kita tahu, mungkin kalo dahulu bingung mau mengadukan kerusakan Blackberry Resmi kemana? saat ini dengan adanya kantor Resmi




Sejarah Perkembangan

1984 – Pada tahun 1984 RIM (Research In Motion) didirikan oleh Mike Lazaridis, hingga sekarang menjabat sebagai president dan Co-CEO bersama dengan Douglas Fregin sebagai Vice President of Operations. Mereka membangung RIM untuk tujuan bisnis konsultasi barang elektronik dan ilmu computer.

1988 – RIM menjadi developer kedua di dunia dalam mengembangkan produk untuk Mobitex Wireless Network. Inilah awal jaringan RIM Pager BlackBerry mulai bekerja.

1990 – RIM mulai memasuki pasaran dengan memperkenalkan DigiSync Film KeyKode Reader, Digital Footage, Frame, dan kalkulator waktu yang akan ternama di kalangan editor dan pemotong negatif Hollywood. RIM mengubah waktu editing dari 2 jam menjadi 20 menit.

1998 – RIM mulai memperkenakan RIM 950 Wireless Handheld. Komputer handheld ini kemudian disebut sebagai BlackBerry. Perangkat ini menawarkan enam baris tampilan, bisa digunakan untuk email dasar, paging dua arah, browsing halaman yang telah diformat dengan konten berita, cuaca, bursa saham, informasi wisata.

2000 – RIM mengenalkan RIM 857/957 Wireless Handheld dan mengumumkan pembangunan jaringan untuk Java. Selain itu BlackBerry 5790 juga dirilis sekitar tahun ini, Handheld ini memiliki memory 16Mb flash memory.

2001 – Pada tahun 2001 RIM mensupport untuk Lotus Notes and Domino dalam BlackBerry Enterprise Server. Pada tahun ini pula RIM memulai debut handheld berbasis Java 2 Micro Edition (J2ME) OS.

2002 – Tahun 2002 adalah tahun yang penting bagi RIM. Di tahun ini RIM merilis beberapa device yang cukup mempengaruhi perkembangan ponsel di dunia.

1. BlackBerry 5810. Ini adalah seri pertama BlackBerry dengan fitur GSM/GPRS radio. Device pertama di dunia dengan GSM/GPRS radio

2. BlackBerry 6510. Dibekali dengan fitur walkie-talkie

3. BlackBerry 6750. Device pertama BlackBerry untuk pengguna CDMA20001X Wireless Network.

4. BlackBerry 6710 dan BlackBerry 6720 dengan fitur integrated speaker/microphone serta kemampuan international roaming pada GSM/GPRS.

2003 – Dirilisnya device GSM BlackBerry 6210, BlackBerry 6220 > BlackBerry 6230 (Masih berlayar Monokrom). Lalu kemudian hadir 3 seri lagi dengan layar warna yaitu BlackBerry 7230, BlackBerry 7210 dan BlackBerry 7280. BlackBerry 7730 juga dirilis pada tahun 2003 dengan layar warna yang besar dan merupakan device pertama RIM dengan Tri Band GSM.

2004 – RIM berusia 20 tahun. Saat ini pengguna RIM telah mencapai 2 juta di seluruh dunia. Pada tahun ini pula RIM merilis BlackBerry 7510 > 7520 yang merupakan device BlackBerry pertama dengan fungsi GPS dan juga merupakan BlackBerry pertama dengan speakerphone yang mensupport Nextel’s Walkie-Talkie.

2005 – Pada 2005 pengguna RIM telah mencapai 4 juta di seluruh dunia. 2 kali lipat dari tahun sebelumnya. Ini adalah tahun untuk BlackBerry 8700 dengan layar warna, themes, Bluetooth, Quad-band support, dll. Pada akhir tahun ini juga RIM mengenalkan BlackBerry 7130, BlackBerry berlayar warna pertama untuk device CDMA BlackBerry.

2006 – RIM kian menjadi partner bisnis dengan merilis BlackBerry Enterprise Server Express yang dapat diunduh gratis.

8 April 2008 – FBI dibekali dengan BlackBerry 8830 World Edition sebanyak 19,500 unit

12 Mei 2008 – Smartphone BlackBerry yang sebelumnya identik dengan dunia usaha mulai merambah ke entertainment dengan hadir nya BlackBerry Bold. Model yang lebih modis dengan resolusi layar tinggi sehingga membuat gambar yang ditampilkannya terlihat utuh. Selain itu juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan suara yang jernih jika digunakan untuk memutar music.

10 September 2008 – Hadir BlackBerry dengan desain Flip. BlackBerry Pearl Flip.

8 Oktober 2008 – RIM mulai merilis BlackBerry berteknologi layar sentuh yang inovatif dengan nama BlackBerry Storm. Verizon dan Vodafone memamerkan BlackBerry Storm sebagai Smartphone pertama di dunia dengan layar sentuh yang clickable (layar sentuh yang bisa di click karena pegas kecil yang ditanamkan dibawah layar). Teknologi layar sentuh ini disebut SurePress. Karena inovasi pada Touchscreen nya ini maka BlackBerry Storm meraih penghargaan Best Mobile Technology Breakthrough pada GSMA 14th Annual Global Mobile Awards.

Indonesia merupakan pasar yang sangat tepat bagi RIM untuk meraup keuntungan yang segudang. Tercatat pengguna blackberry di indonesia mencapai 4 jutaan.

Pertama PT Axiata Tbk, yang mendapatkan pertumbuhan pelanggan BlackBerry di kuartal ke 3 sebanyak 100 ribu pelanggan mencapai 1,4 juta pengguna dari 1,3 juta pengguna. Menurut informasi yang diperoleh, XL menargetkan meraih pertumbuhan hingga 1,5 juta pelanggan di tahun 2011. Target yang cukup besar mengingat pada kuartal 1 tahun 2011, XL hanya memiliki 750 ribu pelanggan BlackBerry.

Kedua Telkomsel, yang merupakan anak perusahaan dari PT Telekomunikasi Indonesia, hingga saat ini mereka mencatat memiliki pelanggan di kisaran 2,5 juta pelanggan. Jumlah ini merupakan hasil pertumbuhan sebesar kurang lebih 20% dari bulan Mei hingga Agustus 2011. Sedangkan Ketiga Indosat, juga ikut memperoleh kenaikan jumlah pelangan BlackBerry hingga 100 ribu pelanggan dari kuartal 2 tahun 2011.

Nampaknya berita negatif dari RIM soal beberapa kegagalannya belum bisa merubah antusiasme pasar Indonesia terhadap BlackBerry. cellular-news.com memperkirakan jumlah pelanggan BlackBerry secara global sebesar 70 juta pengguna. Dan, Indonesia merupakan pasar terbesar BlackBerry di Asia Tenggara. Tahun lalu jumlah pelanggan BlackBerry di Indonesia mencapai 2,63 juta dan tahun ini diperkirakan mencapai 4 juta, apalagi dibantu dengan meluncurnya produk-produk BlackBerry baru di akhir dan awal tahun.

Banyaknya Pengguna Blackbery juga mempercepat pertumbuhan penggunaan BBM di indonesia. Berdasarkan paparan dari Arum Verma seorang dari Platform Evangelist dari RIM menyatakan, tercatat kenaikan pertumbuhan pengguna BBM naik hingga 500%. Sehingga RIM saat ini telah menjadi penyedia platform mobile sosial media Terbesar.

Dari jumlah pengguna BBM 35 juta setiap harinya, 2/3-nya selalu aktif menggunakanakan fungsi dari BBM. Kemudian untuk 1/3 di antaranya digunakan untuk berkomunikasi dengan rekan sepekerjaan. menurut Arum, alasan kenapa saat ini BBM begitu diminati dan menjadi booming dikarenakan immediancy, confirmation, and privacy.

Kemudian jumlah pengguna BlacBerry di Indonesia sendiri diperkirakan telah mencapai 3 juta pelanggan. Jumlah itu dicapai RIM berkat kerja samanya dengan enam operator seluler seperti Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Smart Telecom, Hutchison CP Telecom, dan Natrindo Telepon Seluler.

Referensi

http://clubbing.kapanlagi.com/threads/28264-Sejarah-Blackberry
http://tekno.kompas.com/read/2010/11/10/1535393/Akhirnya..Produsen.BlackBerry.Buka.Kantor.di.Indonesia
http://khairuddin.net/sejarah-blackberry
http://homeformulaone.blogspot.com/2009/02/sejarah-blackberry.html
http://ruanghati.com
http://www.teknojurnal.com/2011/09/20/pertumbuhan-pelanggan-blackberry-di-indonesia-pada-tahun-2011/
http://wartaonline.com/news/setiap-hari-jumlah-pengguna-blackberry-bertambah-2000-orang-8609/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar