Sabtu, 22 Januari 2011

VoIP - Voice Internet Protocol

VoIP (Voice Over Internet Protocol) merupakan suatu teknologi yang memanfaatkan Internet Protokol untuk menyediakan komunikasi voice secara elektronis dan real time. Teknologi ini muncul melengkapi teknologi voice secara circuit switch dan menawarkan fitur yang beragam. Teknologi ini muncul melengkapi teknologi voice secara circuit switch dan menawarkan fitur yang beragam. Model konfigurasi VoIP dapat dilakukan dalam tiga skenario, yaitu PC to PC, PC to Phone, dan Phone to Phone

VoIP menggunakan metode kompresi dan modulasi untuk membawa sinyal suara analog, seperti contoh suara yang kita keluarkan saat melakukan pembicaraan dan merubahnya menjadi data digital yang dapat ditransmisikan melalui internet.

Trafik VoIP dibagi menjadi dua bagian transmisi jaringan yaitu :

Transmisi untuk signaling.

untuk RTP (Realtime Transfer Protocol).

Protocol yang digunakan untuk signaling selalu berbasis TCP (Transfer Control Protocol) sedang untuk RTP yang digunakan adalah protocol berbasis UDP (User Datagram Protocol).

n Signaling dilakukan diantara port TCP yang sudah umum diketahui misalkan :

¨ H.323 menggunakan port 1720 untuk melakukan signaling

¨ SIP (Session Initiation Protocol) menggunakan port 5060 untuk menggunakan signaling

Komponen VOIP :

User Agent : Komponen VoIP yang langsung berhubungan dengan user. User dapat menggunakan dan mengoperasikan untuk melakukan komunikasi dengan user yang lain dan juga melakukan setting untuk berkomunikasi dengan phone analog.

Proxy : merupakan software yang digunakan sebagai server VoIP yang menangani proses registrasi dan autentikasi user.

Protocol : Signaling dilakukan sebelum melakukan panggilan. Jalur dibentuk point to point menggunakan protokol signaling yang berbasis TCP

CODEC (Coder Decorder) : Digunakan untuk mengubah informasi sinyal suara analog menjadi sinyal digital yang dapat ditransmisikan melalui jaringan IP dengan bandwidth tertentu dan mendapatkan informasinya kembali.

Paket VOIP.

n Tiap paket VoIP terdiri atas dua bagian, yakni header dan payload (beban).

n Header terdiri atas :

1. IP header,

2.Real-time Transport Protocol (RTP) header,

3. User Datagram Protocol (UDP) header,

4.Ethernet header

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar