Senin, 27 Desember 2010

Sedikit Ilmu dari Serorang Pemimpin

Menjadi seorang pemimpin sangat mudah. Mau jadi pemimpin yang baik ataupun yang buruk. Semuanya kembali ke niat, karena segala sesuatu tergantung niatnya. Kita dapat memulainya dari diri sendiri.

Banyak hal yang terlintas di benak ketika kita mendengar kata pemimpin. Mungkin pemimpin adalah seseorang yang hebat, taat, cerdas atau mungkin karekteristik yang harus dimiliki diantarannya adalah Integritas,Visioner, Amanah. Namun, semua itu tidak selalu menjadi yang pertama. saya melihat seorang pemimpin haruslah mempunyai kharisma dan pesona yang menjadi modal awal untuk menghadapi orang-orang disekitarnya. Seorang pemimpin tidak hanya menjadi seorang yang memimpin banyak massa ataupun kelompok. Tapi ia juga harus bisa dipimpin. Barulah ia dapat memimpin orang lain.

Pemimpin mempunyai banyak pengertian. Dalam bahasa Indonesia “pemimpin” sering disebut penghulu, pemuka, pelopor, pembina, panutan, pembimbing, pengurus, penggerak, ketua, kepala, penuntun, raja, tua-tua, dan sebagainya. Pemimpin merupakan cerminan dari masyarakatnya. Tidak hanya itu, masi banyak hal-hal yang harus ada di pribadi seorang pemimpin.Mungkin dibawah ini hanya beberapa contoh saja.

1.Taqwa, modal awal seorang pemimpin adalah sesuatu yang diyakini. Agama adalah fitrah seorang manusia dan harus bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

2.Integritas, ataupun sering disebut kepribadian. seorang pemimpin harus mempunyai kepribadian yang baik, kejujuran intelektual, dan kecerdasan emosional.

3.Visoner, seorang pemimpin akan melihat jauh kedepan. seorang pemimpin melihat lebih dahulu sebelum org melihatnya. seorang pemimpin dapat membawa masa depan ke masa sekarang.

4.Idealisme, seorang pemimpin harus mempunyai pemikiran dan kepribadian yang idealis. tidak akan mudah dijatuhkan. tidak mudah mengubah nilai-nilai prinsip2 idealisme dengan apapun.

5.Merakyat, salah satu yg dapat membuat seorang pemimpin itu dihargai adalah caranya berhadapan dengan masyarakatnya. tidak sombong, bergaul dengan siapapun, ketika ada suatu kegiatan ia ikut serta dalam kegiatan tersebut. tidak menujukkan kalau dia beda dari yang lain.

6.Tanggung Jawab, pemimpin tidak akan lari dari apa yang ada di hadapannya. ia akan menghadapinya dengan penuh tanggung jawab.

hal-hal diatas merupakan syarat wajib yang harus ada di setiap jiwa-jiwa pemimpin. karena dengan itu insyaAllah akan menjadi modal awal sebagai pemimpin yang tidak tergoyahkan.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar